Implementasi Pendidikan Karakter


Implementasi pendidikan karakter bangsa di perguruan tinggi dapat menggunakan tiga jalur strategi, yaitu melalui : 
  1. jalur pembelajaran
  2. jalur pengembangan budaya kampus
  3. pemberdayaan pemangku kepentingan pendidikan atau komunitas pendidikan. 
Pertama, implementasi pendidikan karakter bangsa melalui jalur pembelajaran berarti mengintegrasikan atau memadukan komponen-komponen atau anasir karakter bangsa ke dalam pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan dan penilaian). Standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator ketercapaian kompetensi, dan proses atau skenario pembelajaran dapat dimuati komponen karakter bangsa sehingga silabus dan RPP serta proses pembelajaran bermuatan karakter bangsa. 

Kedua, implementasi pendidikan karakter bangsa melalui jalur pengembangan budaya perguruan tinggi berarti memadukan atau mengintegrasikan komponen atau anasir karakter bangsa sebagai muatan program pengembangan budaya sekolah. Di sini komponen karakter bangsa bisa dipadukan dengan berbagai program dan kegiatan dalam rangka pengembangan budaya sekolah, misalnya penciptaan lingkungan hidup sehat, lingkungan bersih, dan lingkungan saling menghormati sesama warga sekolah. Dengan kata lain, penciptaan lingkungan budaya yang kondusif atau nyaman bagi pembentukan karakter bangsa.

Ketiga, implementasi pendidikan karakter bangsa melalui jalur pemberdayaan pemangku kepentingan pendidikan atau komunitas perguruan tinggi berarti mengintegrasikan atau memasukan komponen atau anasir karakter bangsa dengan program dan atau aktivitas di masyarakat dan atau keluarga siswa. Misalnya, mengadakan karyawisata ke suatu tempat, kunjungan ke tempat bersejarah, bergotong royong dengan masyarakat, dan lomba seni-sains-olahraga dengan unsur masyarakat. Di sini berbagai program dan atau aktivitas komunitas masyarakat atau pemangku kepentingan pendidikan menjadi bermuatan karakter bangsa sehingga pemangku kepentingan pendidikan atau komunitas masyarakat menjadi ajang pembentukan karakter bangsa yang fungsional.

Dalam rangka mencapai keberhasilan atau ketercapaian tujuan pendidikan karakter bangsa melalui ketiga jalur tersebut diperlukan rencana tindakan (action plan) implementasi pendidikan karakter bangsa di sekolah. Rencana tindakan itu meliputi (i) integrasi komponen karakter bangsa ke dalam pembelajaran, (ii) pembudayaan komponen karakter bangsa ke dalam budaya sekolah, dan (iii) pemberdayaan komunitas perguruan tinggi atau pemangku kepentingan pendidikan untuk pembentukan karakter bangsa. Rencana tindakan tindakan pertama mewujud atau mengejawantah dalam silabus dan RPP serta proses pembelajaran. 

Rencana tindakan kedua dan ketiga bisa menggunakan format sebagai berikut :

  • Struktur atau organisasi rencana tindakan implementasi pendidikan karakter bangsa di perguruan tinggi adalah sebagai berikut.
Rencana Tindakan Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah
  1. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
  2. Strategi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah
    • Permasalahan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah
    • Tantangan Pendidikan Karakter di Sekolah
    • Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah
  3. Faktor Penghambat dan Pendukung Pendidikan Karakter Bangsa
    • Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Bangsa
    • Faktor Pendukung Pendidikan Karakter Bangsa
  4. Program Kegiatan Pendidikan Karakter di Sekolah
    • Program Pembelajaran Terintegrasi Karakter Bangsa
    • Program Karakter Bangsa melalui Pengembangan Budaya Sekolah
    • Program Karakter Bangsa melalui Pemberdayaan Pemangku Kepentingan Pendidikan atau Komunitas Sekolah
  5. Penutup


  •    Format rencana tindakan pengembangan budaya perguruan tinggi untuk pembentukan karakter bangsa adalah sebagai berikut.


Format Program Pengembangan Budaya Sekolah
Terintegrasi Pembentukan Karakter Bangsa

No.
Program Budaya Sekolah
Komponen/Kualitas/Nilai
Karakter Bangsa
Indikator
Karakter Bangsa
Tujuan atau Target
Pelaksanaan
1.
Dst








































  • Format rencana tindakan pemberdayaan pemangku kepentingan pendidikan atau komunitas masyarakat untuk pembentukan karakter bangsa sebagai berikut.


Format Program Pemberdayaan Pemangku Kepentingan Pendidikan
Terintegrasi Pembentukan Karakter Bangsa

No.
Program Pemberdayaan Pemangku Pendidikan
Komponen Karakter Bangsa
Indikator
Karakter Bangsa
Tujuan atau Target
Pelaksanaan
1.
Dst










































Oleh : Djoko Saryono

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo
SELAMAT DATANG DI SITUS CORETAN SEADANYA